Makin Khusyuk Beribadah Dengan Desain Interior Mushola Sederhana

Ibadah merupakan hal penting yang jangan sampai tertinggalkan. Melalui ibadah lah, Anda bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Untuk bisa beribadah secara khusyuk, Anda tentu membutuhkan tempat yang sunyi, rapi, dan bersih. Jika Anda merasa terbatas untuk bisa mendesain ruang ibadah atau mushola sebaik mungkin, Anda bisa mengandalkan jasa desain interior jakarta untuk membereskannya.

Interior Masjid

Ibadah merupakan hal penting yang jangan sampai tertinggalkan. Melalui ibadah lah, Anda bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Untuk bisa beribadah secara khusyuk, Anda tentu membutuhkan tempat yang sunyi, rapi, dan bersih. Jika Anda merasa terbatas untuk bisa mendesain ruang ibadah atau mushola sebaik mungkin, Anda bisa mengandalkan jasa desain interior jakarta untuk membereskannya. Karena untuk bisa beribadah secara khusyuk, tempat yang terbaik sangat lah penting. 

Tips Ciptakan Interior Mushola Sederhana Tapi Nyaman

Agar ibadah Anda bersama keluarga semakin lancar, tips ini bisa menjadi panduan Anda untuk menciptakan interior mushola yang sederhana tetapi tetap nyaman digunakan beribadah.

  1. Letak Mushola

Dalam peletakan mushola ini, ada beberapa rumah yang meletakkannya di luar rumah dengan membuat bangunan tersendiri secara sederhana atau bisa juga menggunakan ruangan kosong di dalam rumah untuk dibuat menjadi mushola. Usahakan agar ruangan yang akan dijadikan sebagai mushola bisa mendapatkan udara dan cahaya yang cukup, sehingga tidak membuat ruangan menjadi pengap dan membuat alat-alat ibadah seperti karpet, sajadah, maupun mukena juga menjadi mudah berjamur.

2. Mendesain Interior Mushola

Hal ini Anda bisa serahkan kepada jasa desain interior atau Anda juga turut terlibat ketika memiliki ide untuk memberikan beberapa hiasan di dalam mushola. Misalnya saja seperti lukisan kaligrafi atau foto-foto bernuansa islami, dan jam dinding dengan angka arab. Sehingga peletakannya akan lebih tepat dan tidak terlalu mengganggu ketika Anda dan keluarga sedang beribadah. 

3. Lokasi Tempat Wudhu

Sebelum sholat, wudhu menjadi suatu kewajiban sebagai upaya untuk bersuci. Sehingga, lokasi wudhu sangat perlu diperhatikan akan kebersihannya agar benar-benar terhindar dari najis yang bisa membuat ibadah tidak sah. Ada baiknya jika tempat wudhu ini tidak terlalu jauh dari mushola, namun juga jangan sampai ada air yang membasahi mushola. Selain ditakutkan karena najis yang menodai tempat beribadah, juga bisa membuat karpet menjadi basah dan lembab.

4. Ukuran Ruang Mushola

Upayakan ukuran ruang mushola yang akan digunakan bukan hanya untuk ibadah secara individu, tetapi juga memungkinkan untuk beribadah secara berjamaah. Sehingga, sebelumnya perlu untuk diatur dan diukur terlebih dahulu seberapa besar ukuran mushola yang akan digunakan. Dengan begitu, ketika beribadah pun bisa disesuaikan agar tidak terlalu berdesakan yang bisa membuat tidak khusyuk. 

5. Peletakan Rak Seperlunya

Di dalam mushola rak juga diperlukan untuk meletakkan kitab suci atau beberapa buku-buku yang bernuansa islami. Rak ini bisa dipilih yang tidak terlalu besar dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk meletakkan kitab dan buku tersebut. Sehingga, keberadaan rak tersebut tidak akan memakan banyak tempat di ruang mushola.

Menciptakan sebuah ruang ibadah harus lah dipertimbangkan banyak hal, salah satu yang penting adalah kebersihannya. Karena untuk mendekat kepada Tuhan harus dalam kondisi yang suci. Mushola yang tertata baik pun akan mampu meningkatkan kekhusyukan ketika beribadah. Sehingga, keberadaan jasa desain interior ini menjadi pilihan yang tepat untuk bisa menciptakan desain interior mushola Anda yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *