Pengertian Atap Bondek Pengganti Bekisting

Atap bondek, Anda pasti sudah sering mendengar atau bahkan melihat langsung material atap yang satu ini

atap bondek

Atap bondek, Anda pasti sudah sering mendengar atau bahkan melihat langsung material atap yang satu ini bukan? Sebagai informasi tambahan, yuk coba simak pengertian hingga fungsi penggunaan atap bondek yang kami rangkum berikut!

Pengertian Atap Bondek

Atap bondek ialah material atap yang biasanya diaplikasikan di langit-langit bawah lantai 2 atau di bawah plat lantai beton. Material yang satu ini biasanya akan terlihat sebelum pemasangan plafon dilakukan,  bahkan ada juga pemilik bangunan yang memilih membiarkan atap bondek terekspos natural atau diekspos dengan finishing cat sehingga terlihat lebih rapi dan indah. Untuk Anda yang belum tahu nih, bondek sendiri merupakan bahan galvanis yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai seng bergelombang.

Meskipun bentuknya mirip atap seng, namun atap bondek tidak dibuat dengan fungsi penutup atap seng. Bondek digunakan sebagai material pelapis bawah cor lantai beton dan sebagai pengganti bekisting kayu atau triplek. Material atap bondek juga didesain untuk mengkonversi penggunaan besaran diameter besi dan ketebalan cor beton pada sebuah bangunan. Sistem gelombang plat atau yang lebih dikenal sistem tekuk pada bondek sangat berguna dalam membantu kekuatan struktur beton cor plat lantai. Secara sederhana, pada plat bondek galvanis dengan sistem lipat atau tekuk fungsi atau cara kerjanya hampir sama dengan kertas dudukan obat nyamuk bakar.

Kelebihan Atap Bondek

Sebagai tambahan wawasan untuk Anda yang berencana menggunakan atap bondek, berikut ini beberapa kelebihan penggunaan atap bondek yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Atap bondek sebagai pengganti bekisting memudahkan pengerjaan struktur bangunan karena Anda tidak perlu lagi melepas plat saat cor beton lantai sudah kering. Pasalnya bondek akan menjadi satu kesatuan sebagai unsur kekuatan struktur bangunan.
  • Menggunakan bekisting kayu atau triplek mengharuskan Anda menyediakan tiang-tiang dan balok penyangga yang cukup banyak. Berbeda dengan bondek karena Anda tidak membutuhkannya.
  • Atap bondek juga mempercepat proses pengerjaan sehingga Anda bisa menghemat waktu kerja maupun tenaga dalam pemasangan bondek dibandingkan penggunaan bekisting.
  • Penggunaan atap bondek juga membantu mengurangi volume cor beton dari 15 persen hingga 25 persen sehingga jauh lebih ekonomis dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *